Cara Mendaftar DMCA Protection Untuk Blog

Sudah banyak sekali kasus copy paste artikel yang sangat meresahkan para penulis. Untuk itu, kita memerlukan sebuah perlindungan yang dapat melindungi artikel kita dari para penjahat copy paste. Salah satu alat perlindungan yang populer adalah DMCA protection, merupakan kependekan dari Digital Millenium Copyright Act.

mendaftar dmca

Lalu sebenarnya apa itu DMCA protection ? DMCA merupakan sebuah tool yang mampu memberikan perlindungan hak cipta sebuah blog atau situs untuk melindungi konten artikel penulis dari tindakan pencurian artikel atau yang sering terjadi adalah copy paste. Jika anda ingin memperoleh perlindungan ini, maka anda harus mengetahui cara mendaftar DMCA protection untuk blog. Ketika terjadi tindakan copy paste yang merugikan, anda dapat melaporkan sebuah blog atau website yang melakukan tindakan tersebut ke DMCA protection.

Bagaimana cara mengetahui apakah artikel blog kita di copy paste atau tidak ? silahkan baca artikel saya yang lain yaitu cara mengetahui artikel blog yang di copy paste. Dalam artikel tersebut saya menjelaskan 2 cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui apakah blog di copas atau tidak.

Cara Mendaftarkan Blog ke DMCA Protection

1. Silahkan masuk ke website DMCA

2. Isilah form registrasi. Hanya mengisi nama dan email kemudian klik SIGN UP

3. Anda akan mendapatkan sebuah email dari DMCA yang berisi username dan password kemudian klik URL login yang tertera.

mendaftar dmca

4. Ketika sudah masuk ke halaman utama DMCA, isi kotak login dengan username dan password yang diberikan oleh DMCA >> klik Login

5. Pada halaman selanjutnya silahkan klik tombol hijau di sebelah kanan bertuliskan ‘Add Badges to your site

mendaftar dmca

6. Anda dapat memilih tampilan Badge yang anda sukai, kemudian copy code scriptnya


7. Paste kode tersebut di Widget HTML blog anda >> klik simpan.

DMCA baru akan bertindak ketika menerima laporan bahwa telah terjadi tindakan copas artikel oleh blog lain. Jika anda tidak melapor, maka tidak akan ada tindakan dari DMCA yang memberikan sanksi terhadap pelaku copas. Disini posisi pelapor lebih kuat, untuk itu jangan segan-segan untuk melapor jika memang benar artikel anda di duplikasi.

Tindakan copy paste tanpa merubah sedikitpun kalimat yang ada pada artikel tersebut menyebabkan duplikasi konten yang tentu saja sangat tidak disukai oleh mesin pencari. Artikel yang di copas mungkin saja akan mengalami penurunan visitor blog dikarenakan mesin pencari sudah menganggap artikel tersebut tidak unik lagi.

Demikian tulisan sederhana saya mengenai cara mendaftar DMCA untuk blog. Semoga apa yang saya tulis ada manfaatnya. Terimakasih sudah berkunjung.
Previous
Next Post »

2 comments

  1. DMCA PROTECTION ini aman gak kang buat blog download,,,,kebetulan saya encoder

    ReplyDelete