Rahasia Memulai Bisnis Tanpa Uang

Sekarang ini banyak sekali orang yang ingin memiliki bisnis / usaha sendiri. Namun banyak juga yang kebingungan bahkan membatalkan niatnya untuk memulai bisnis karena tidak memiliki uang sebagai modal usahanya. Mereka hanya tahu bahwa untuk memulai bisnis itu harus menggunakan uang tunai sebagai modal awal. Padahal tidak ada jaminan bisnis dengan modal uang tunai membuat anda berhasil untuk sukses, bisa jadi malah usaha yang tanpa uang tunai sebagai modal awalnya yang dapat mengantarkan kita menuju kesuksesan. Untuk itu, anda perlu mengetahui tentang rahasia memulai bisnis tanpa uang yang akan membantu anda untuk memulai bisnis.

bisnis tanpa modal

Cara memulai bisnis tanpa uang tunai sebagai modalnya

#1. Modalnya adalah apa yang anda miliki

Anda dapat memulai bisnis tanpa uang tunai dengan apa yang anda miliki. Misalnya anda memiliki mesin jahit di rumah anda. Anda bisa memanfaatkan mesin jahit tersebut sebagai modal anda untuk mulai membuat bordir, vermak pakaian, dll. Setelah anda mendapatkan keuntungan, anda dapat memutarkan uangnya untuk menaikkan tingkatan usaha anda, misalnya dari yang awalnya hanya menjahit pakaian, kali ini anda tingkatkan dengan memulai menjahit tas, sepatu, sablon dan lain sebagainya.

#2. Bermodal KTP

KTP atau Kartu Tanda Penduduk merupakan kartu yang wajib dimiliki setiap warga negara yang memuat identitas kependudukan seperti nama, alamat lengkap, dan tempat tanggal lahir. KTP dapat anda pakai sebagai modal yang cukup memadai. Lalu bagaimana caranya? Anda dapat menjaminkan KTP anda kepada pemilik barang yang ingin anda bantu jualkan dengan sistem pembayaran dibelakang. Contoh, Andi meminta pak rohmat memberi barang monel senilai Rp. 400.000,- dengan menjaminkan KTPnya. Setelah itu Andi langsung pergi kesebuah supermarket untuk menyewa tempat berjualan dengan sistem pembayaran dibelakang. Dengan kerja keras dan berdoa sungguh-sungguh, akhirnya Andi membawa hasil. Dalam 3 hari dagangannya terjual Rp. 800.000,-. Uang hasil jualannya ia gunakan untuk membayar sewa tempat dan barang yang diambil dari pak rohmat. Dalam sebulan Andi mampu menjual 3-4 juta rupiah.

#3. Bermodal uang milik orang lain

peran alam bawah sadar, imajinasi, dan intuisi dalam membangun ide kreatif untuk usaha mandiri memang sangat dibutuhkan pada point nomor 3 ini. Jika anda memilki ide usaha yang bagus tetapi tidak mempunyai uang sebagai modal, anda masih bisa memulai usaha dengan kerjasama modal. Jika anda memiliki teman atau relasi dekat yang percaya kepada anda, maka anda dapat memulai menghubungi untuk meyakinkan mereka untuk mendapatkan dukungan modal. Keuntungan dari usaha tersebut dapat dibagi dua atau sesuai perjanjian yang disepakati. Semakin anda libatkan mereka, semakin besar kepercayaan yang datang kepada anda, yang memiliki arti lain bahwa anda akan dimungkinkan mendapat tambahan modal pada usaha yang anda rintis bersama teman atau relasi anda. Kejujuran adalah hal yang paling utama dalam memulai usaha dengan sistem kerjasama modal ini. Keterbukaan dan keadilan harus anda junjung tinggi agar mereka percaya kepada anda.

#4. Teman anda sebagai jaminan

Anda dapat meminta teman anda sebagai jaminan terhadap barang suatu perusahaan yang ingin produknya anda bantu jual. Misalnya anda memiliki teman yang bekerja di sebuah perusahaan distributor kartu data internet. Anda bisa memulai mengambil beberapa produk kartu data yang ada di perusahaan tersebut dengan teman anda sebagai jaminannya. Setelah anda bekerja keras dan berdoa, anda akhirnya mendapatkan keuntungan dari berjualan kartu data tersebut, sekarang anda telah memiliki modal untuk memulai bisnis anda dan memperluas area penjualan dengan cara membuka cabang di daerah lain.

#5. Bermodal hadiah

Hadiah merupakan pemberian yang nilainya biasanya tidak dapat diganti oleh uang. Hadiah dapat pula berarti persenan atau kado. Anda dapat memulai bisnis dari hadiah tersebut. Contoh : anda mendapat hadiah handphone dari sebuah kuis yang anda ikuti. Anda dapat menjual handphone tersebut dengan harga baru seperti dipasaran. Uang hasil penjualan tersebut bisa anda belikan 2 buah handphone second dengan harga murah. Anda dapat mencari keuntungan dari harga jual kembali handphone second tersebut. Dari hasil penjualan, anda belikan lagi handphone second kemudian jual kembali, terus seperti itu. Pada akhirnya, dari semua keuntungan yang anda dapatkan, anda dapat membuka sebuah toko khusus jual beli handphone second. Dari yang awalnya hanya bermodal hadiah, sekarang bisa memiliki usaha sendiri dengan keuntungan yang lumayan besar.

#6. Menjadi perantara

Memulai usaha tanpa uang dapat pula anda lakukan dengan menjadi perantara. Menjadi perantara pada intinya adalah menjual informasi. Anda dapat menjadi perantara berbagai macam produk. Di harian Kedaulatan Rakyat setiap hari muncul iklan-iklan baris yang menawarkan berbagai macam peluang. Mulai dari rumah, tanah, mobil, sepeda motor, dan barang-brang lainnya. Anda dapat memanfaatkan itu sebagai informasi yang luar biasa dan anda dapat menjadi perantara dari berbagai macam kebutuhan manusia. Anda sekarang menjadi konglomerat baru yang memiliki berbagai macam barang dagangan yang tak terhitung jumlahnya. Menjadi perantara merupakan pekerjaan yang sangat menjanjikan yang membuat anda dapat memulai bisnis tanpa modal uang tunai.

#7. Pembayaran dimuka

Selain membuka usaha tanpa uang tunai dengan pembayaran di belakang, anda juga dapat melakukannya dengan pembayaran dimuka. Gabungan antara memulai usaha dengan pembayaran dibelakang dan pembayaran dimuka merupakan yang paling ideal. Gedung atau kantor, iklan, brosur, dapat kita peroleh dengan pembayaran dibelakang, sedangkan pelanggan kita menggunakan pembayaran dimuka. Usaha yang menggabungkan 2 jenis sistem pembayaran di belakang dan di muka adalah usaha kursus, lembaga pendidikan kejuruan hingga pendidikan tinggi.

#8. Bermodal barang milik orang lain

Anda dapat memulai bisnis dengan barang yang dititipkan oleh orang lain kepada anda untuk dijual. Ketika anda mampu menjual barang tersebut dengan mendapat keuntungan sesuai dengan yang anda inginkan, maka dari keuntungan tersebut anda dapat memulai berbagai macam jenis usaha baru yang ingin anda mulai.

#9. Bermodal keahlian

Keahlian yang anda miliki merupakan modal yang cukup memadai. Jika memang anda memiliki keahlian, maka anda dapat memulai bisnis dengan menjadi konsultan. Konsultan merupakan orang yang ahli dalam suatu bidang yang memberikan petunjuk atau nasehat kepada orang yang memintanya. Anda dapat menjadi konsultan dari berbagai bidang ilmu yang anda miliki, mulai dari bidang taman, desain, bisnis, manajemen, komputer, dan lain sebagainya. Misalnya anda ahli dalam bidang penataan taman. Pekerjaan yang anda lakukan hanya memberikan konsep desain taman lengkap dengan tanaman-tanaman yang anda sarankan dan ornamen-ornamen lainnya sebagai pengihas taman. Mungkin anda dapat lebih melengkapinya dengan menyediakan daftar pemasok dimana segala kebutuhan material taman tersebut dapat diperoleh. Anda akan mendapatkan imbalan dari jasa yang anda berikan.

Nah, itu tadi beberapa rahasia memulai bisnis tanpa uang tunai yang dapat segera anda praktekan. Kerja keras dan doa merupakan rahasia sukses bisnis yang wajib ada dalam diri anda. Usaha tidak akan sempurna tanpa doa dan doa takkan terwujud tanpa usaha. Demikian artikel ini saya tuliskan, semoga bermanfaat untuk anda dalam membangun bisnis tanpa uang tunai.
Previous
Next Post »
0 Komentar