Pengertian Search Engine Optimization (SEO)

Search Engine Optimization atau SEO memang merupakan suatu teknik penting dalam dunia website, tetapi masih banyak orang bertanya-tanya apa sih SEO itu ? apa sih fungsi SEO ?. Pertanyaan ini masih sering keluar terutama pada orang yang baru belajar ngeblog termasuk saya. Untuk itu saya akan mencoba untuk mengulas sedikit tentang pengertian SEO yang saya ketahui.
pengertian SEO


Pengertian SEO

Search engine optimization jika di terjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia berarti "Optimasi Mesin Pencari", merupakan suatu teknik atau serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis untuk memaksimalkan/meningkatkan nilai suatu website agar mudah dikenali oleh mesin pencari untuk menaikan ranking website dan jumlah pengunjung. Ada beberapa kategori mengenai teknik SEO seperti Blackhat SEO, Whitehat SEO, dan Greyhat SEO, masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan pada saat kita terapkan, yang pasti ketiganya mempunyai tujuan yang sama dalam hal peningkatan ranking dan pengunjung.

Banyak sekali faktor yang menentukan dalam SEO, misalnya kita harus menerapkan strategi onpage optimization dan offpage optimization.

1. Onpage Optimization
    Proses optimization melalui jalur dalam website dengan mengedit, memperbaiki, atau merubah bagian tertentu seperti menentukan judul, tag, konten-konten yang berkualitas dan lain-lain.

2. Offpage Optimization
    Proses Optimization yang di lakukan di luar bagian website. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk optimasi SEO offpage, seperti : share konten melalui media sosial, membangun backlink yang berkualitas, share gambar dengan meletakkan link balik ke website kita, dan masih banyak cara lainnya.

Teknik SEO jika kita belum memahami memang terasa sangat sulit, perlahan tapi pasti asalkan kita mau belajar dan bekerja keras pasti akan membuahkan hasil yang memuaskan. Manfaat SEO bagi website memang banyak sekali tetapi hal itu tidak dapat menjadi jaminan bahwa konten yang terdapat pada website akan terindex dengan baik di Google tanpa didukung dengan konten yang berkualitas.
Previous
Next Post »

2 comments

  1. Mantab min, untuk anda yang membutuhkan layanan backlink terpercaya bisa ke >>> backlinksatu.com

    ReplyDelete
  2. Facebook message

    ReplyDelete