Cara Submit URL Artikel ke Bing dan Google Webmaster

Setiap mesin pencari pasti menyediakan  fasilitas untuk mensubmit URL artikel secara manual. Dengan melakukan submit pada fasilitas tersebut maka robot mesin pencari akan segera mengenali dan mengunjungi blog dimana artikel tersebut berada tanpa harus menunggu lama.

Mesubmit URL artikel blog kita ke google sama seperti melakukan pengajuan link blog agar di crawl segera oleh robot google. Tetapi sebenarnya google tidak akan langsung mengcrawl blog anda, karena setelah anda mensubmit URL artikel anda, akan ada banyak sekali antrean blog atau website lain yang juga melakukan submit URL. Memang anda perlu menunggu agar artikel anda benar-benar di submit oleh spider boot google. Tapi dengan cara ini, blog anda akan jauh lebih cepat dikenali oleh mesin pencari daripada anda membiarkan blog anda begitu saja.

Aktifitas mensubmit URL artikel ke google dan bing webmaster merupakan sebuah rutinitas yang sebaiknya dilakoni oleh seorang blogger sesaat setelah mempublikasikan artikel. Mesin pencari google dan bing dipilih karena saat ini kedua mesin pencari tersebut merupakan yang terbesar dan terpopuler dikalangan pengguna internet dunia.

Cara Submit URL Artikel di Google Webmaster

Pastikan anda telah mendaftarkan blog anda ke googlewebmaster sebelum melakukan submit URL artikel. Langkah-langkah untuk melakukan submit URL artikel postingan adalah sebagai berikut :

1. Masuk ke halaman submit URL google
Tampilannya akan seperti ini :

cara submit artikel ke google webmaster tools

2. Masukan URL blog anda. Centang pada ‘saya bukan robot’ kemudian klik kirim permintaan.

URL yang di masukkan berupa link artikel anda.

Contoh :
http://zakiari.blogspot.co.id/2017/03/cara-submit-sitemap-ke-google-webmaster.html

Jika anda telah melakukan langkah-langkah diatas, berarti anda telah berhasil melakukan submit URL artikel postingan di google webmaster. Dengan begitu, artikel anda akan lebih cepat diindeks oleh mesin pencari google.

Cara submit artikel di Bing Webmaster

Pastikan anda telah mendaftarkan blog anda ke bing webmaster sebelum melakukansubmit URL artikel. Langkah-langkah untuk melakukan submit URL artikel postingan adalah sebagai berikut :

1. Masuk ke halaman submit URL bing
Tampilannya akan seperti ini :

cara submit ke bing webmaster

2. Masukan URL blog anda. Kemudian tulis kode captcha yang ada, kemudian klik submit.

URL yang di masukkan berupa link artikel anda.

Contoh :
http://zakiari.blogspot.com/2017/03/cara-memasang-kode-verifikasi-google-webmaster.html

Setelah anda mengikuti tahapan diatas, maka anda telah berhasil melakukan submit URL artikel postingan blog di bing webmaster. Dengan demikian, artikel anda akan lebih cepat di index oleh mesin pencari Bing.

Dalam melakukan submit url artikel, sebaiknya hanya anda lakukan sekali saja untuk 1 link artikel anda. Mesin pencari khususnya google tidak menyukai hal yang berlebihan, seperti melakukan submit artikel lebih dari 1 kali. Hal tersebut dapat memicu mesin pencari untuk menganggap artikel anda adalah spam, sehingga ditinggalkan oleh mesin pencari.

Tanpa anda submit pun, artikel anda akan terindex oleh mesin pencari secara otomatis, namun waktu yang diperlukan mungkin akan cukup lama, ditambah dengan jumlah artikel yang anda terbitkan sangat sedikit perharinya.

Karena itulah submit url artikel sangat dianjurkan terutama untuk blog yang masih baru agar lebih cepat terindex oleh mesin pencari. jangan lupa memantau setiap informasi yang didapat dari aktifitas blog anda di google webmaster tool atau bing webmaster tool sebagai bahan analisa untuk dapat lebih mengembangkan blog anda.
Previous
Next Post »

4 comments

  1. Thanks atas informasinya gan genstekno.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. sangat membantu , ini yang bunda cari, sehingga artikel bunda bisa keindeks

    ReplyDelete
  3. cuma sederhana memasukkan link artikel tersebut ya untuk submit artikel

    ReplyDelete
  4. Terima Kasih ,Informasinya Sangat Membantu Bagi Yang Pemula Seperti Saya

    ReplyDelete