Ciri backlink berkualitas untuk algoritma google

Sebenarnya ada banyak sekali cara untuk membangun backlink, anda bisa menggunakan cara manual maupun cara yang otomatis. Untuk membangun backlink secara otomatis, anda bisa lebih cepat dengan menggunakan tool GSA SER (GSA Search Engine Ranker). Sudah banyak yang membuktikan bahwa dengan menggunakan tool ini dan berhasil meningkatkan ranking halaman yang di backlink, walaupun backlink yang didapat adalah backlink dengan kualitas yang rendah. Tetapi untuk membangun backlink dengan cara tersebut, anda perlu melakukannya dengan hati-hati. Membangun backlink massal bisa menyebabkan artikel anda terkena penalty dari google karena dianggap spam backlink yang dapat menurunkan ranking artikel anda.

ciri backlink berkualitas

Membangun dengan cara manual adalah cara terbaik untuk membangun backlink, dengan catatan anda harus lebih memprioritaskan kualitas backlink di bandingkan dengan kuantitas atau banyaknya jumlah backlink. Untuk itu, kali ini saya akan menuliskan tentang ciri backlink berkualitas untuk algoritma google saat ini.

Ciri Backlink Berkualitas untuk Algoritma Google

1. Backlink dalam artikel

Sebenarnya ada banyak sekali cara dalam membangun backlink, misalnya anda dapat meletakkan link di kolom komentar, tetapi cara itu dirasa kurang efektif untuk membangun backlink yang berkualitas.

Anda dapat meletakkan backlink di dalam artikel yang anda tulis, cara ini terbukti sangat efektif untuk membangun backlink yang berkualitas. Anda harus membuat backlink dengan relevansi artikel anda. Mesin pencari sangat menyukai backlink dari artikel yang relevan.

2. One Way link

One Way Link atau yang disebut dengan link satu arah merupakan link yang hanya mengarah ke dalam blog anda tanpa ada satupun link blog lain di dalam blog anda. Biasanya orang sering melakukan tukar link (backlink 2 arah) untuk  meningkatkan ranking blognya. Tetapi cara itu dinilai kurang natural pada algoritma google saat ini, link seperti ini sudah tidak lagi bernilai dimata mesin pencari. So, pastikan anda membangun backlink yang hanya mengarah kedalam blog anda yang berasal dari blog lain.

3. Backlink dari blog yang memiliki domain yang sudah lama.

Blog yang sudah berumur biasanya akan diindex oleh mesin pencari dengan lebih cepat, sehingga mudah dikenali oleh mesin pencari. Jika anda mendapatkan backlink dari blog seperti ini, maka backlink yang anda dapatkan bisa dibilang adalah backlink yang berkualitas. Berbeda dengan blog-blog baru yang proses indexnya pun masih belum stabil.

4. Backlink dari blog yang mempunyai Domain dan Page Authority tinggi.

Domain dan Page Authority (DA/PA) banyak digunakan sebagai informasi untuk mengukur reputasi artikel di mata mesin pencari. Oleh karena itu, backlink yang bersumber dari blog yang memiliki DA/PA tinggi sangat berkualitas dimata mesin pencari, lebih-lebih backlink tersebut diletakkan di artikel yang relevan.

5. Backlink dari blog yang memiliki link yang mengarah keluar dengan jumlah sedikit

Blog yang memiliki link yang mengarah keluar dengan jumlah sedikit biasanya disebut dengan LOL (Low Outbond Links). Jika sebuah artikel memiliki banyak link yang mengarah keluar, maka nilai poin artikel tersebut akan semakin berkurang sebagai ‘kebocoran’ untuk link yang ada dalam artikel tersebut. Untuk itu, demi mendapatkan backlink yang berkualitas, pastikan anda mendapatkan backlink dari blog yang memiliki Low Outbound Link yang sedikit.

Ciri diatas dapat anda jadikan sebagai tolok ukur dalam membangun backlink yang berkualitas. Meningkatkan SEO tidak hanya dengan membangun backlink saja, artikel yang original dan berkualitas juga sangat menentukan untuk kesuksesan blog anda.

Apa itu SEO ? silahkan baca : pengertian SEO

Demikian artikel ini saya tulis, semoga bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih sudah berkunjung.

Previous
Next Post »
0 Komentar